Pages

Karena kesehatan berawal dari diri sendiri

Wednesday, September 23, 2015

Temukan Khasiat Daging Kambing Di Balik Bahayanya

Google Ads
Google Ads
Siapa yang sangka di balik sederet bahaya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daging kambing sebagaimana selama ini sudah di gembar gemborkan, terdapat sederet manfaat dan khasiat daging kambing yang baik untuk kesehatan.

Tidak kaget bila daging kambing dikatakan sebagai pemicu begitu banyak penyakit dalam. Mulai dari kolesterol, hipertensi, stroke, asam urat dan masih banyak lagi. Meski sampai sejauh ini ada begitu banyak perdebatan di kalangan pakar nutrisi mengenai sejauh mana pengaruh buruk dari hidangan berbahan daging kambing terhadap sederet penyakit-penyakit tersebut, kenyataannya di lapangan banyak pasien yang akhirnya tumbang karena mengkonsumsi hidangan berbahan dasar kambing.

Beberapa pakar mengakui adanya beberapa karakter daging kambing seperti terlalu banyak kadar zat besi, terlalu banyak nilai natrium dan sifat ikatan proteinnya yang lebih liat membuat mengkonsumsi daging kambing memiliki beberapa resiko tersendiri.

Namun rupanya beberapa pakar kesehatan dan nutrisi dunia juga menemukan adanya khasiat daging kambing yang baik untuk kesehatan. Meski ada beberapa kondisi tertentu yang menyertai untuk seorang pasien bebas mengkonsumsi daging kambing, namun dengan adanya beberapa khasiat daging kambing berikut, rasanya tak bijak kan secara langsung mengatakan daging kambing itu tidak sehat?
Khasiat Daging Kambing
Khasiat Daging Kambing

Lalu apa saja khasiat daging kambing?
1.      Mengatasi penyakit anemia dan tekanan darah rendah
Dalam daging kambing ditemukan kadar natrium, zat besi dan vitamin B yang tinggi. Ketiganya penting untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan membantu meningkatkan kepekatan darah. Sel darah merah adalah unsur penting dalam susunan darah dan bila sel darah merah berkurang bisa menyebabkan anemia dan penurunan tekanan darah.

2.       Kaya akan Mineral penting
Sebagaimana dijelaskan di atas, terdapat kandungan tinggi zat besi dan natrium dalam daging kambing. Tak hanya itu, juga ditemukan sejumlah besar magnesium, kalium, fosfor, selenium dan masih banyak lagi. Meski tidak dibutuhkan tubuh dalam porsi besar, mineral-mineral ini penting untuk menjaga kondisi tubuh. Ketika tubuh kekurangan mineral, pasien akan mengalami berbagai keluhan seperti pusing, lemas, sulit konsentrasi, penurunan daya tahan tubuh, pengeroposan tulang sampai kehilangan kesadaran.

3.       Peningkat vitalitas
Masih soal kandungan zat besi, B kompleks dalam daging kambing.  Fakta ini disertai ditemukannya kadar protein yang tinggi, membantu membentuk massa otot, meningkatkan vitalitas, membantu memicu metbolisme dan meningkatkan produksi energi. Kalori dari daging kambing sendiri mencapai 154 kkal per 100 gram.

4.       Menahan lapar
Karakter unik dari keliatan protein daging kambing membuat proses cerna dari daging kambing membutuhkan waktu lebih lama. Sehingga perut merasa lebih lama merasa kenyang. Ini jelas bisa membantu diet Anda, sehingga menu kambing sesekali juga bisa Anda tambahkan dalam menu diet Anda. Tentu saja dengan menghindari bagian berlemak tinggi.

5.       Memberi efek hangat
Daging kambing memang memberi efek panas dalam tubuh, bukan karena jenis dagingnya yang panas, tetapi karena daging kambing membuat kerja pencernaan beberapa kali lebih berat sehingga perut kerap merasa panas. Di sisi lain tingginya kadar vitamin B dan zat besi juga memicu peningkatan metabolisme sehingga membuat tubuh lebih terasa panas. Itu sebabnya daging kambing juga menjadi menu favorit mereka yang berdiam di daerah dingin.

Setelah mengetahui ada sederet khasiat daging kambing selain beberapa resiko penyakit yang bisa muncul dari mengkonsumsinya, rasanya tidak ada salahnya kan sesekali memasukan menu hidangan kambing dalam sajian harian Anda. 
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Back To Top