Pages

Karena kesehatan berawal dari diri sendiri

Wednesday, September 16, 2015

Langkah Awal Menjalani Gaya Hidup Sehat

Google Ads
Google Ads
Gaya hidup sehat menjadi hal yang tidak mudah dipraktekkan pada era sekarang ini. Aktivitas yang sangat padat, membuat orang - orang lupa bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam hidup. Namun, jika kita berpikir kembali, sebenarnya gaya hidup sehat itu mudah untuk dilakukan dalam setiap detik hidup kita. Langkah awalnya yaitu dengan mencari tahu seperti apa gaya hidup sehat yang benar. Lalu, bagaimana langkah awal gaya hidup sehat itu sebenarnya ???

Sahabat ymhs, gaya hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Maka, tips gaya hidup sehat ini tidak akan berguna jika anda tidak mau atau enggan untuk memulainya. Butuh kedisiplinan dan usaha, ya memang! Tetapi coba anda pikirkan kembali betapa berharganya kesehatan anda maka, usaha untuk memulai gaya hidup sehat akan terasa ringan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa tips kesehatan yang juga dapat mencegah kematian dini :
Langkah Awal Menjalani Gaya Hidup Sehat
Langkah Awal Menjalani Gaya Hidup Sehat
  1. Selalu aktif, yang dimaksud dalam hal ini adalah usahakan untuk tidak duduk terlalu lama baik itu di depan komputer atau menonton acara televisi yang anda sukai. Jika terpaksa harus berlama-lama di depan komputer karena pekerjaan anda dapat menyisipkan waktu 5-10 menit untuk melakukan aktivitas peregangan agar otot-otot tubuh tidak kaku. Dengan melakukan aktivitas ini anda tetap dapat selalu bergerak dan aktif.
  2. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Karena, dengan paparan sinar mentari pagi, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D berguna pada tubuh kita untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan tulang dini.
  3. Rutin berolahraga adalah faktor utama yang dapat membuat badan anda lebih sehat dan fit sepanjang hari. Waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah saat pagi hari karena selain sinar matahari anda juga dapat menghirup udara pagi yg bersih dan sejuk. Anda dapat memulainya dengan menyisihkan waktu 1 minggu sekali untuk berolahraga pagi seperti berjalan, berlari maupun bersepeda santai. Nah, kalau sudah terbiasa anda dapat meningkatkan kuantitas atau kualitas olahraga anda.
  4. Menambah atau memperbanyak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh anda. Buah-buahan seperti, pisang, semangka, pepaya, jeruk, apel dan lain-lain serta macam-macam sayuran seperti kubis, bayam, sawi, selada, brokoli dan lain-lain merupakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang baik untuk dikonsumsi teratur.
  5. Stop merokok dan minum minuman keras. Ini merupakan salah satu gaya hidup sehat yang paling susah ditinggalkan bagi mereka yang menjadikan rokok dan minuman keras sebagai kebutuhan. Tetapi sebenarnya, kandungan rokok sangat buruk untuk kesehatan tubuh dan yang paling penting juga berbahaya untuk anak, istri, keluarga dan lingkungan anda. Tahukah anda?
  6. Mulai hari anda dengan tertawa atau tersenyum. Karena aktivitas tertawa bahkan tersenyum kecil saja bisa berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak riset yang telah membuktikan bahwa tertawa atau tersenyum dapat merangsang hormon yang baik untuk kekebalan tubuh. Anda dapat memulainya dengan sering bercanda dengan teman atau menonton berbagai acara komedi di televisi.
  7. Batasi, kurangi atau bahkan hilangkan konsumsi aneka makanan siap saji. Mulailah memasak makanan anda sendiri, anda akan lebih merasakan manfaatnya bagi tubuh anda. Pastikan jumlah gizi dan asupan kalori yang anda makan seimbang karena, hal itu juga dapat berdampak baik pada kesehatan anda.
Nah, di atas tadi telah dijelaskan langkah-langkah awal untuk menjalani gaya hidup sehat. Mulailah dari hal-hal yang anda rasa mudah untuk dilakukan sekarang!. Karena kesehatan dimulai dari diri sendiri. Yuk mari hidup sehat!
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Back To Top